by

Bangun 17 BTS di Kabupaten Natuna, Menteri Johnny: Kominfo Terus Lakukan Identifikasi Wilayah Blankspot

Siaran Pers No. 136/HM/KOMINFO/04/2021

Kamis, 22 April 2021

Tentang

Bangun 17 BTS di Kabupaten Natuna, Menteri Johnny: Kominfo Terus Lakukan Identifikasi Wilayah Blankspot

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meletakkan batu pertama (ground breaking) pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di 17 desa dan kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Menkominfo menegaskan akan terus melakukan identifikasi wilayah blankspot untuk menjamin pemerataan akses jaringan 4G.

“Di Kabupaten Natuna sendiri akan dibangun 17 Base Transceiver Station untuk 17 desa, yang didukung nanti dengan kehadiran signal cepat 4G,” ujarnya dalam kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (22/04/2021).

Menteri Johnny menjelaskan Pemerintah akan membangun 16 BTS yang berada di 12 desa di Kabupaten Kepulauan, 5 BTS di desa yang berada di Kabupaten Bintan dan di Kabupaten Karimun dibangun 1 BTS untuk satu desa. Meskipun demikian, Menkominfo menyatakan pihaknya akan terus melakukan identifikasi wilayah blankspot yang masih ada. 

“(Pembangunan BTS) Itu belum cukup karena masih banyak wilayah yang blankspot, wilayah-wilayah blankspot yang menjadi identifikasi ini dilakukan melalui proses digitalisasi dari instrumen peralatan yang ada di Jakarta, di Kominfo dan operator seluler,” jelasnya.

Mengenai pembangunan infrastruktur TIK tahun 2021, Menkominfo menyatakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo akan membangun 4.200 BTS di seluruh wilayah 3T di Indonesia yang dilakukan dalam 5 paket. 

“Hari ini paket 1 dan paket 2 dibawah konsorsiun fiberhome bersama rekan-rekan konsorsium members. Tentu perlu dilakukan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Menteri Johnny menjelaskan pihaknya terus melakukan verifikasi lapangan dan akan dilakukan review desain dan final desain untuk menentukan titik-titik lokasi dan pilihan teknologi yang tepat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Tujuan kunjungan saya kali ini dan ini kunjungan pertama saya ke Pulau Natuna, sudah beberapa kali ke Provinsi Riau, kali ini dengan dua tujuan setidaknya yang pertama dalam kaitan dengan peletakan batu pertama, awal pembangunan Base Transceiver Station untuk wilayah 3T,” jelasnya.

Selain  di Kabupaten Natuna, Menkominfo juga melakukan kunker di Kota Batam. “Yang kedua kunjungan saya ke Kepulauan Riau adalah dalam kaitan dengan melihat potensi pembangunan government cloud atau pusat data nasional pemerintah di Kepri. Kita berencana membangun beberapa pusat data pemerintah dalam rangka msnghasilkan satu data indonesia,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, pembangunan pusat data nasional itu merupakan upaya untuk menghasilkan Satu Data Indonesia. Hal itu bisa terwujud  melalui proses interoperabilitas data dan data cleansing serta data cleaning dalam kaitan dengan pengambilan kebijakan. 

“Termasuk pengambilan kebijakan perlindungan sosial bagi jutaan masyarakat di saat pandemi Covid-19. Kunjungan saya untuk dua kunjungan tersebut memberikan gambaran bagi kita sekalian setidaknya bahwa pandemi Covid-19 ini tidak akan meruntuhkan dan merubuhkan semangat kita untuk terus membangun indonesia, termasuk membangun di sektor TIK,” tegasnya.

Menkominfo menegaskan pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk berlomba-lomba dan melakukan akselerasi pembangunan TIK nasional.   “Kita menunjang, mendukung dan menjemput akselerasi transformasi digital dalan kaitan dengan industri 4.0,” tandasnya. 

Menteri Johnny mengingatkan kembali pandemi Covid-19 bisa dikalahkan melalui semangat dan disiplin. Tentu saja dengan memenuhi prasyarat utama pakai masker, jaga jarak, cuci tangan secara teratur, serta program vaksinasi yang tengah dilaksanakan Pemerintah.

“Di saat yang bersamaan pemerintah dibawah leadership Presiden Joko Widodo melakukan usaha penggalakan vaksinasi nasional kita untuk menghasilkan imunitas warga. Kedua-duanya tugas yang harus kita lakukan bersama-sama karena itu persyaratan take off, tinggal landas kita, baik masa pandemi maupun paska pandemi,” paparnya.

Selama melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Utama BAKTI Anang Latif, Direktur Infrastruktur BAKTI Bambang Noegroho, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad, dan Bupati Kepulauan Natuna Abdul Hamid Rizal.

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *