by

893 ASN Kominfo Terima Satyalancana Karya Satya

Siaran Pers No. 151/HM/KOMINFO/08/2019

Sabtu, 17 Agustus 2019

Tentang

893 ASN Kominfo Terima Satyalancana Karya Satya

Menteri Kominfo Rudiantara memberikan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya secara simbolis kepada 893 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.  Pemberian tanda jasa itu sesuai Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.  

Selain sebagai penghargaan atas jasa-jasanya, juga bertujuan sebagai pendorong untuk meningkatkan pengabdian dan prestasi kerja, sehingga dapat dijadikan teladan bagi Pegawai Negeri Sipil lain.

“Saya berharap pemberian penghargaan tersebut dapat memancing semangat ASN yang lain agar dapat lebih melayani masyarakat, membuat inovasi, dan berkreasi demi kemajuan Kementerian Kominfo,” ungkap Menteri Rudiantara usai Upacara Peringatan HUT Proklamasi ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Anantakupa, Kementerian Kominfo, Sabtu (17/08/2019).

Penghargaan itu diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan dalam pelaksanaan tugasnya. Ada tiga kategori yakni Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun warna perunggu; Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun warna perak dan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun berwarna emas.

Tahun ini sebanyak 412 orang pegawai negeri sipil Kementerian Kominfo menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya. Adapun penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun sebanyak 463 orang PNS, dan penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun sebanyak  18 orang PNS.

ASN Berpretasi

Menteri Kominfo Rudiantara juga memberikan penghargaan kepada ASN Berprestasi Terbaik pada Kategori Administrator, Pengawas, dan Pelaksana Jabatan Fungsional. Sesuai dengan Roadmap Reformasi Birokrasi Kementerian Kominfo tahun 2015-2019, Kementerian Kominfo berupaya menciptakan budaya pelayanan, revolusi mental, dan tatakelola Kementerian Kominfo yang berintegritas, bersih, efektif dan efisien. 

Penghargaan itu diberikan untuk  menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien. Selain itu, penghargaan diberikan karena inovasi ASN untuk memanfaatkan teknologi dalam pelayanan publik.

Pemilihan itu melibatkan seluruh sivitas Kementerian Kominfo untuk memberikan masukan kepadaTim Penilai Kinerja Kementerian untuk menetapkan ASN Berprestasi tingkat Kementerian Kominfo. Berikut nominasi lengkapnya: 

Adapun yang berhak merebut penghargaan ASN Berprestasi tingkat Kementerian Kominfo antara lain:

Kategori Administrator: Marolli J. Indarto dengan karya inovasi Project Kampanye Penurunan Prevalensi Stunting di Indonesia

Kategori Pengawas: Randy Dwi Pranaputra dengan karya inovasi Kenaikan Pangkat Elektronik Kominfo

Kategori Pelaksana/Jabatan Fungsional: Fina Yuliastuti dengan karya Aplikasi e-klinik dan Aplikasi Peminjaman Ruang Rapat

Momentum Peringatan Kemerdekaan ke-74 tahun ini menurut Menteri Kominfo Rudiantara merupakan momentum tepat untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia. Menurutnya banyak sumber daya manusia unggul di Indonesia namun masih dibutuhkan upaya untuk meningkatkan jumlah SDM dan kapasitasnya.

“Kita tak nihil dalam sumber daya manusia yang unggul namun kita butuh melipatgandakan jumlahnya, meningkatkan kapasitasnya, menggelitik inovasinya, dan memompanya dengan semangat baru,” katanya.

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *